Judul : Timeline, Layer, Frame Dan Scene Pada FlashMX
link : Timeline, Layer, Frame Dan Scene Pada FlashMX
A. Timeline
Timeline berisi layer dan frame yang berfungsi untuk mengontrol objek yangakan dianimasikan. Time line merupakan bagian dari flash yang berfungsi sebagai pengatur urutan tampilan yang berdasarkan frame.
B. Layer
Layer seperti lembaran-lembaran film yang berisi gambar actor yang akan dianimasi. Dalam satu film terdapat lebih dari 1 layer. Setiap kali Anda membukasebuah file movie yang baru, disitu akan tersedia sebuah layer sebagai modalawal. Sehingga Anda bisa menambahkan layer, apabila menginginkan lebih dari satu layer.
Kegunaan layer antara lain yaitu; untuk membuat animasi lebih dari satu, untuk mengorganisasikan elemen-elemen dalam satu movie, agar tidak terjadi pengirisan antara satu objek dengan objek yang laiinnya, agar bisa menemukan objek lebih cepat dan mudah, dan lain sebagainya.
Layer adalah bagian yang memungkinkan kita untuk memberikan nama atau identitas lain (Normal, Guide, Guided dan Mask) yang berguna untuk memberikan efek pada tampilan yang dibuat. Selain itu, pengguna layer dimaksudkan untuk memberikan tingkatan atau hirarki dari gambar yang dibuat.
Membuat Layer
untuk membuat layer dapat meng-klik Insert, lalu klik Timeline, terakhir pilih Layer. Atau dapat melalui icon layer baru.
Untuk membuat sebuah gambar pada layer Anda tingga memilih layer yang mana yang akan digunakan kemudian Anda tingal buat gambar atau tulisan sesuai dengan yang diinginkan. Namun perlu diperhatikan bahwa setiap obyek memiliki pewaktuan yang berbeda (timing). Hal tersebut sangat bergantung dari scenario yang anda buat.
Insert Layer, untuk menambah layer
Add Motion Guide, untuk menjadikan layer tertentu sebagai guide layer
Insert Layer Folder, untuk menambah layer folder
Delete Layer, untuk menghilangkan (mendelete layer).
C. Frame
Merupakan bagian dari layer, tempat meletakkan gambar. Frame digunakan utnuk menentukan jeda (tenggang) waktu obyek untuk beranimasi.
Keyframe artinya kunci dari berbagai frame dimana frame tersebut berisi gambar (gambar diam ataupun gambar beranimasi) dan sebagai tempat untuk meletakkan action script (bahasa program dari flash).
Blank keyframe artinya keyframe yang belum berisi objek, atau keyframe yang masih kosong.
D. Scene
Scene kita umpamakan seperti bagian adegan dari sebuah film dimana setting latar dan pemainnya dapat berbeda. Di flash scane merupakan bagian-bagian dari sebuah projek yang berisi kumpulan layer, gambar animasi maupun tombol, pada setiap scane, gambar, animasi objek dan tombol dapat berbeda-beda sesuai dengan skenario bahan yang ingin kita buat.
Demikianlah Sekilas tentang Timeline, Layer, Frame Dan Scene..
Demikianlah postingan Timeline, Layer, Frame Dan Scene Pada FlashMX kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan berikutnya.
Anda sekarang membaca postingan Timeline, Layer, Frame Dan Scene Pada FlashMX dengan alamat link https://tekanima23.blogspot.com/2009/02/timeline-layer-frame-dan-scene-pada.html
Post a Comment
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.