Judul : Teknik Animasi FlashMX
link : Teknik Animasi FlashMX
A. ANIMASI GERAK (Motion Tween)
Animasi gerak atau lebih dikenal dengan Motion tween merupakan model animasi yang sangat mendasar. Motion tween adalah perintah untuk membuat gerakan dalam satu layer. Motion tween ada untuk memudahkan kita membuat gerakan dari satu titik ke titik yang lain.Proses pergerakan dari obyek dapat didefinisikan menjadi berdasarkan bentuk (shape) atau berdasarkan gerakan (motion).
Adapun langkah-langkah membuat motion tween:
- Buatlah sebuah gambar oval pada layer1, frame1.
- Kemudian perpanjang time framenya sampai 25, selanjutnya klik kanan dan pilih create motion tween.
- Pada time frame 25 klik kanan dan buat keyframe. Apabila benar time frame akan nampak seperti dibawah ini:
- Dari keyframe 25 lakukan perpindahan obyek oval ke kanan (sesuai keinginan).
- Jalankan dengan perintah Control Test Movie atau dengan Ctrl+Enter.
- buatlah persegi panjang di layer 1 dengan tebal garis 2,5, warna fill putih.
- buat layer 2 dan buat bujursangkar dengan warna biru di sebelah kiri persegipanjang, lihat gambar.
- kemudian klik kanan pada layer 1, pilih create motion tween.
- klik kanan pada layer 30 dan pilih insert keyframe baik untuk layer persegipanjang maupun bujursangkar.
- Pindahkan posisi bujursangkar ke sebelah kanan persegipanjang pada frame 30.
- apabila cara membuat motion tween anda benar maka time line akan berbentuk seperti berikut ini :
- apabila caranya salah maka akan tampil sebagai berikut :
- jalankan movie (Ctrl + Enter)
- Coba ubah bujursangkar pada frame ke 30 dengan klik gambar bujursangkar
- Kemudian pilih properties, pilih tab color dengan pilihan alfa
- Isikan alfa sebesar 10%
- Kemudian jalankan movie. (animasi transparan)
Animasi Rotate
- Coba ubah propereti motion tween bujursangkar pada frame 1 dengan klik frame 1
kemudian klik properties.
- Ubahlah pada propereties untuk tab rotate dengan model CW.
- Kemudian jalankan movienya.
B. ANIMASI BENTUK (Shape tween)
Animasi ini lebih dikenal dengan Shape tween, yaitu animasi dengan mengubah bentuk atau mengganti suatu bentuk ke bentuk yang lain. Perubahan dapat berupa perubahan bentuk, obyek menjadi tulisan atau sebaliknya, perubahan dari bentuk satu ke obyek yang lain (misalnya dari kotak menjadi lingkaran atau sebaliknya).
Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
- Buatlah sebuah rectangle tool.
- Klik pada frame 25, lalu klik kanan dan pilih Insert Blank Keyframe.
- Pada frame 25 buat gambar lingkaran dengan Oval tool.
- Kemudian kembali ke frame 1 dengan cara meng-klik pada frame 1. selanjutnya pada properties pilihlah shape pada bagian tween.
- Jalankan animasi.
1. Membuat perubahan bentuk
- Buatlah bentuk tetesan air seperti gambar diatas pada frame 1.
- Buatlah bentuk pecahan air seperti gambar diatas pada frame 30.
- Tempatkan gambar tetesan air diatas gambar pecahan air, buat agar posisinya sesuai.
- Klik pada frame 1.
- Lihat ke panel properties.
- Ubah pada tween => shape.
- Jalankan animasi.
- buat gambar bunga pada frame 1.
- buat tulisan nama anda pada frame 30.
- klik tulisannya
- klik menu modify
- klik break appart sebanyak 2 kali
- klik pada frame 1
- lihat ke properties
- ubah tween menjadi mode shape
- jalankan animasi.
Animasi jalur atau Motion Guided Tween adalah obyek yang bergerak mengikuti suatu jalur tertentu yang telah ditentukan pada layer guide. Adapun langkah-langkah membuat motion guided tween:
1. Buatlah sebuah gambar pesawat seperti berikut ini:
caranya :
- ketik huruf J pada stage.
- ubah jenis huruf menjadi webdings
- kalau huruf sudah berubah menjadi pesawat kemudian klik pada menu modify, pilih break apart (gambar pesawat telah menjadi bentuk gambar).
3. gambarkan garis yang menandakan jalur perpindahan pesawat pada guide layer dengan menggunakan pen tool.
4. Klik pada layer 1 frame 1, klik kanan, lalu pilih create motion tween.
5. klik pada masing-masing layer (layer 1 dan guide layer), buat keyframe yang sama (misal di frame 30).
6. klik pada layer 1 frame 1, pindahkan pesawat pada jalur perpindahan awal, missal dari kanan.
7. klik pada layer 1 frame 30, pindahkan pesawat pada titik akhir perpindahan/ tepat pada garis akhir pada guide layer.
8. jalankan animasinya.
D. Animasi Masking
Animasi masking merupakan animasi obyek yang menutupi obyek lain sehingga obyek yang menutupi akan terlihat transparan. Animasi ini sangat berguna apabila kita membuat semacam penegasan daerah tertentu (spot area). Langkah-langkah membuat animasi masking:
- Buatlah sebuah tulisan MASKING AREA dengan text tool. Kemudian pada layer 1 frame 40, buat Frame.
- Buatlah gambar lingkaran dari Oval tool pada layer 2 dan buat create motion tween.
- Pada frame 40 layer 2 insert Keyframe, kemudian pindahkan gambar lingkaran ke ujung tulisan MASKING AREA.
- Klik kanan layer 2 dan pilih Mask.
- Jalankan animasi
Demikianlah postingan Teknik Animasi FlashMX kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan berikutnya.
Anda sekarang membaca postingan Teknik Animasi FlashMX dengan alamat link https://tekanima23.blogspot.com/2009/02/teknik-animasi-flashmx.html
Post a Comment