Judul : TEKNIK MENGGAMBAR FLASH MX
link : TEKNIK MENGGAMBAR FLASH MX
Ada beberapa Teknik yang digunakan untuk menggambar di Flash antara lain:
A. Membelah Obyek dengan Line Tool
Selain itu dalam pemotongan gambar melalui Flash MX tools sangatlah mudah, karena Anda dapat menggunakan berbagai macam cara. Misalnya dalam memotong sebuah fill dengan menggunakan line tool.
Gambar (i) merupakan fill yang belum dipotong dengan line tool, (ii) merupakan fillyang dipotong dengan line tool, (iii) merupakan fill yang telah terbelah menjadi dua.
B. Merubah Bentuk Obyek dengan Arrow Tool
Merubah dalam flash mx sangatlah mudah dan efisien. Untuk mengubah bentuk suatu obyek Anda dapat menggunakan arrow tool. Dengan arrow tool Anda tinggal mengubah suatu obyek dengan menggerakkan outline (garis obyek) dari obyek tersebut.C. Merubah Bentuk Obyek dengan Subselection Tool
Merubah bentuk suatu obyek dengan menggunakan Subselection tool
sangatlah mudah dan menyenangkan, karena dengan subselection tool Andadapat merubah suatu obyek tool menjadi suatu obyek yang Anda inginkan. Lihat gambar dibawah ini yang telah dipilih dengan menggunakan subselection tool.Dengan menggunakan subselection tool maka obyek diatas dapat diubah menjadi obyek baru (seperti gambar dibawah ini).D. Memberi warna dengan Color Mixer & Color Swatches
Untuk memberi efek warna pada obyek pada Flash MX hanya membutuhkan 2 color tool, yaitu: Color Mixer & Color Swatches. Saat ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan tools tersebut.Didalam Color mixer terdapat 5 macam type fill:
- None – tidak memberi warna apapun pada fill.
- Solid – memberi warna padat pada fill.
- Linier – memberi warna berbentuk linier pada fill.
- Radial – memberi efek warna radial pada fill.
- Bitmap – memberi image pada fill. (untuk mengimpor file gambar gunakan import to library pada file menu).
Gunakan paint bucket tool untuk memberi warna pada fill objek. Untuk
memberi warna pada outline, Anda harus menggunakan stroke color.
Cara mengubah warna fill dan outline :
- Klik icon paint bucket tool
- Tentukan warna fill (Fill color).
- Kemudian Klik obyek yang akan diganti warnanya. Maka obyek akan
- berganti warna sesuai warna fill tadi.
Untuk mengatur tata letak warna pada obyek dapat menggunakan tool yang bernama Fill Transform Tool. Cara menggunakannya yaitu:
- Pilih seluruh area dari obyek tersebut. Kemudian pilih Fill Transform Tool dari Tools Box.
- Setelah itu klik kembali obyek yang akan diatur warnanya.
- Atur pewarnaan sesuai selera dengan merubah tata letak dari setiap
- Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini!
Demikian Teknik-Teknik Dasar Menggambar di Flash MX..
Semoga Bermanfaat....
Demikianlah postingan TEKNIK MENGGAMBAR FLASH MX kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan berikutnya.
Anda sekarang membaca postingan TEKNIK MENGGAMBAR FLASH MX dengan alamat link https://tekanima23.blogspot.com/2009/01/teknik-menggambar-flash-mx.html
Post a Comment