0
AREA KERJA DAN TOOLS FLASH MX 2004 - Hallo Sobat TEKANIMA23, Pada postingan yang anda baca kali ini dengan judul AREA KERJA DAN TOOLS FLASH MX 2004, kami telah mempersiapkan postingan ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Tutorial Flash MX, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : AREA KERJA DAN TOOLS FLASH MX 2004
link : AREA KERJA DAN TOOLS FLASH MX 2004
Macromedia Flash adalah sebuah tool yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam animasi, presentasi, game bahkan perangkat ajar. Selain itu Flash MX ini dapat digunakan sebagai tool untuk mendesain web, dan berbagai aplikasi multimedia lainnya.

Ada beberapa menu di halaman awal macromedia Flash MX professional 2004, yaitu:
Open a Recent Item
Merupakan kategori yang menampilkan semua file / dokumen flash yang sudah dibuat dalam ekstension .fla
Open
Merupakan perintah untuk membuka dokumen yang sudah pernah dibuat namun tidak tercakup di Open Recent Item karena keterbatasan tempat.
Create New
Merupakan perintah untuk membuat dokumen/ file flash baru. Create from Template
Merupakan template yang disediakan oleh Macromedia dalam bentuk user Interface
Extend
Perintah ini akan memanggil situs web macromedia untuk sesion Exchange.
Learn
Merupakan perintah untuk menuju ke halaman bantuan Flash (Help).

A. Area Kerja Flash MX 2004
Pertama-tama kita harus mengenal terlebih dahulu lingkungan kerja Macromedia Flash. Pada bagian kiri terdapat Tools, di bagian atas tengah Timeline, yang digunakan untuk mengatur timeline animasinya, dan pada bagian tengah-tengah terdapat Stage yaitu bagian yang visible secara visual saat di-publish atau di preview di browser.Area gambar pada Flash MX Profesional 2004 terdiri dari beberapa bagian:
  1. Menu, berisi kumpulan instruksi atau perintah-perintah yang digunakan dalam Flash.
  2. Stage, adalah dokumen atau layer yang akan digunakan untuk meletakkan atau membuat obyek-obyek dalam Flash.
  3. Timeline, berisi frame-frame yang dapat dipergunakan untuk mengatur pewaktuan, scenario dan lapisan (layer).
  4. Toolbox, berisi tool-tool yang berfungsi untuk membuat gambar, memanipulasi obyek yang terdapat dalam stage. Toolbox memiliki empat macam bagian : Tools, View, Color dan Options.
  5. Panels, berisi control fungsi yang dipakai dalam flash, yang berfungsi untuk mengganti dan memodifikasi berbagai atribut dari obyek atau animasi secara cepat dan mudah. Seperti jika Anda akan mengedit warna obyek, dapat diatur dengan color mixer.
  6. Action frame, merupakan window yang digunakan untuk menuliskan Action Script untuk Flash MX. Biasanya Action Script digunakan untuk mengendalikan objek yang Anda buat sesuai dengan keinginan Anda.
  7. Properties, merupakan window yang digunakan untuk mengatur property dari objek yang Anda buat.
B. Tool dan Toolbox
Bagian tool berisi alat-alat yang digunakan untuk menggambar obyek pada stage, memberikan warna, memodifikasi dan memilih obyek.
Arrow tool, digunakan untuk memilih suatu obyek atau untuk memindahkannya.
Subselection tool, digunakan untuk merubah suatu obyek dengan edit.
Line tool, digunakan untuk membuat suatu garis di stage.
Lasso tool, digunakan untuk memilih sebagian atau bagian tertentu di obyek yang akan diedit.
Pen tool, digunakan untuk menggambar dan merubah bentuk suatu obyek dengan menggunakan edit points (lebih teliti & akurat).
Text tool, digunakan untuk menuliskan kalimat atau kata-kata.
Oval tool, digunakan untuk menggambar sebuah lingkaran.
Rectangle tool, digunakan untuk menggambar sebuah segiempat.
Pencil tool, digunakan untuk menggambar sebuah obyek sesuai dengan yang Anda sukai. Tetapi setiap bentuk yang Anda buat akan diformat oleh Flash MX menjadi bentuk sempurna.
Brush tool, fungsinya sama dengan Pencil tool. Tetapi brush tool ini bentuk garisnya dapat dirubah sesuai denan keinginan kita.
Free transform tool, digunakan untuk memutar (rotate) obyek yang Anda buat atau mengubah bentuk obyek menjadi bentuk lain.
Fill transform tool, dipergunakan untuk pengaturan warna terang.
Ink bottle tool, dipergunakan untuk memberi warna garis tepi obyek.
Paint bucket tool, dipergunakan untuk memberi warna dasar obyek.
Eyedropper tool, dipergunakan untuk mengidentifikasi warga atau garis dalam obyek.
Erase tool, digunakan untuk menghapus obyek yang Anda bentuk.
Zoom tool, digunakan untuk memperbesar tampilan obyek pada stage.
Hand tool, digunakan untuk menggerakkan suatu tampilan obyek pada stage tanpa merubah posisi obyek tersebut pada stage.Demkianlah Seputar Tentang Area Kerja dan penjelasan Tools...

Semoga bermanfaat...



Demikianlah postingan AREA KERJA DAN TOOLS FLASH MX 2004 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan berikutnya.

Anda sekarang membaca postingan AREA KERJA DAN TOOLS FLASH MX 2004 dengan alamat link https://tekanima23.blogspot.com/2009/01/area-kerja-dan-tools-flash-mx-2004.html

Postingan Menarik Lainnya :


AREA KERJA DAN TOOLS FLASH MX 2004

Post a Comment

 
Top