Kompetensi Dasar Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi
Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi,
Jam Pelajaran : 432 JP (@ 45 Menit)
Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KIKD) Animasi 2D dan 3D SMK Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika, Kompetensi Keahlian Multimedia (C3) Kurikulum 2013 revisi 2017 sesuai dengan KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH NOMOR: 330/D.DS/KEP/KR/2017 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN MUATAN NASIONAL (A), MUATAN KEWILAYAHAN (B), DASAR BIDANG KEAHLIAN (Cl),DASAR PROGRAM KEAHLIAN (C2), DAN KOMPETENSI KEAHLIAN (C3)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Multimedia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Multimedia. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Berikut Kompetensi Dasar Teknik Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi Semester 1 dan Semester 2
3.1 Memahami prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
4.1 Menyampaikan prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
3.2 Menerapkan teknik pembuatan gambar obyek sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
4.2 Membuat gambar obyek sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
3.3 Menerapkan teknik animasi tweening 2D
4.3 Membuat animasi 2D menggunakan teknik tweening
3.4 Menerapkan teknik pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
4.4 Membuat karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
3.5 Menganalisis elemen gambar digital puppeter dalam animasi 2D
4.5 Membuat elemen gambar digital puppeter dalam animasi 2D
3.6 Menerapkan gerak digital pupetter pada animasi 2D
4.6 Membuat gerak digital puppeter pada animasi 2D
3.7 Memahami prinsip dasar menggambar latar
4.7 Membuat gambar latar
3.8 Memahami prinsip - prinsip dasar animasi.
4.8 Mengaplikasikan prinsip-prinsip animasi dalam produksi animasi
3.9 Menerapkan teknik produksi animasi 2D
4.9 Membuat produk animasi 2D
3.10 Melakukan evaluasi terhadap produk animasi 2D
4.10 Membuat review terhadap produk animasi 2D
3.11 Mengambarkan konsep dasar obyek 3D dalam sketsa rancangan
4.11 Membuat sketsa rancangan obyek 3D
3.12 Menerapkan Model Sederhana berbasis 3D Hardsurface
4.12 Membuat Model Sederhana berbasis 3D Hardsurface
3.13 Menganalisis pengolahan permodelan obyek sederhana berbasis 3D Hardsurface
4.13 Mengolah permodelan obyek sederhana berbasis 3D Hardsurface
3.14 Memahami Material pada obyek Sederhana 3D
4.14 Mengaplikasikan Material pada obyek Sederhana 3D
3.15 Menganalisa posisi kamera yang tepat dalam aplikasi 3 dimensi
4.15 Meletakkan posisi kamera yang tepat dalam aplikasi 3 dimensi
3.16 Menanalisa teknik gerakan non karakter dalam aplikasi 3D
4.16 Membuat gerak digital non character dalam aplikasi 3D